Rabu, 11 April 2012

DR.SYAUQI FUTAKI(Dokter jepang Pembawa Cahaya Iman)




Masuk islam nya Dr syauqi Futaki merupakan peristiwa penting dalam peta dakwah islam di jepang tidak lebih datri 50.000 orang .mereka memeluk islam lewat orang-orang turki yang ikut dalam perang korea kemudian menetap di jepang.selanjutnya mendirikan mesjid dan melaksanakan syariat-syariat islam ,sehingga banyak orang jepang masuk islam yang jumblahnya seperti di atas.
Perang Ramadhan 1973 antara mesir israel punya andil besar dalam mempengaruhi perhatian bangsa jepang terhadap bangsa -bangsa arab.
serta kesiapan mereka untuk mengenal budaya arab dan masalah-masalah mereka .dalam perhatian semacam ini masuk islamnya dr Syauqi Futaki merupakan awal yang baik bagi berbondong-bondong masuk islamnya ribuan masyarakat jepang. masuk islamnya ini merupakan awal islamnya masyarakat jepang.ALLAH memenangkan perkaranya,tetapi kebanyakanya manusia tidak mengetahui.
Siapa sebenarnya Dr.syauqi Futaki,kenapa bisa di sebut masuk islamnya pertanda bagi masuk islamnya banyak masyarakat jepang? apakah logis masuk islamnya seseorang bisa menebabkan masuk islamnya lebih dari 100.000 muslim?

Dr.syauqi Futaki seorang dokter jepang berusia 67 tahun,termasuk tua untuk ukuran orang jepang.
rambutnya pun beruban.yang menambah kesan ketenangannya,berkepribadian sosial,dan simpatik orang yang menjalin hubungan dengannya,banyak yang tertarik.Sebelumnya dia beragama Budha,juga direktur rumah sakit yang terletak di tengah kota Tokyo,ibukota jepang.rumah sakit yang merupakan sebuah perseroan yang beranggotakan 10.000 anggota tersebut,masuk ke dalam pangkuan islam.
Pada tahun 1945,bliau sebagai pemimpin redaksi majalah bulanan pada perang dunia ke I.dia berusaha menghimpun sejumblah sejumblah dana untuk memulihkan mereka.karena tidak berhasil menghimpun 60 juta yen dari sepuluh perseroan jepang,setelah di ancam memberitakan rahasia mereka yang mempengaruhi operasionalnya.pada 1971 setelah melalui sidang yang panjang,majlis menetapkan hukuman penjara 3 tahun,itu berarti merampas profesui dokternya.

Sering kali kesedihan itu membawa manfa'at,dr syauqi futaki seorang ilmuwan,oleh karenanya senang membaca.dia mengasingkan diri untuk merenung dan menela'ah berbagai macam literatur,baik filsafat,politik, maupun psikologi."perasaan sa'at itu mengatakan:ketika aku sepi merenungkan konsef keesaan pencipta keluar dari diriku suatu ke suka relaan, aku terus merenung dan berpikir tentang ujud dan penciptanya,lambat laun konsep keesaan itu memainkan peran dalam diriku.waktu itulah,masa hukuman ku habis,aku keluar dari penjara dan berusaha mencari jawaban lewat pertemuan lewat beberapa orang islam.

Diantara temanku itu terdapat seorang muslim bernama Abubakar Morimoto,ketua persatuan muslim jepang pada masa lalu.maka terjadilah pembicaraan panjang antara kami dalam masalah tauhid,masalah-masalah orang islam dan syariatnya.dia mengunjungiku selama menggarap proyek guna mendukung gerakan dakwah islam di jpang.akupun ikut berpartisipasi dengan suka rela dalam proyek terebut.

suatu kali dia berkata:sebenarnya apa yang engkau lakukan itu perbuatan orang islam,kenapa engkau tidak mengumumkan ke islamanmu ?hanya tiap-tiap sesuatu itu ada waktunya.Di sa'at lain Abubakar marimoto berujar,setiap kali jumblah orang islam di dunia ini bertambah,maka akan sinarlah masalah-masalah orang yang lemah,karena islam adalah agama cinta dan persaudaraan.ketika mendengar pernyataan ini serta merta aku bangkit dan kuberi tahu aku memeluk Islam. Abubakar girang seraya bertaqbir,kemudian membawa kami semua ke pusat islam ke Tokyo.sebentar kemudian aku telah duduk di lantai mesjid dengan imam mesjid berkebangsaan Turki,selanjutnya mengucapkan dua kalimah syahadat.Aku mengambil nama Syauqi,sedangkan anaku Khalid.segera setelah itu masuk pula anggota keluargaku yang lain.:

Dr.syauqi di tanya:
sebagai seorang dokter apakah anda tidak yakin,bahwa mukjizt yang ada dalam tubuh dan organ manusia menunjukan keesaan pencipta sebagaimana banyak di sebut dalam Al-QURAN ?
Dia menjawab:
"Aku telah membaca sebuah buku yang di karang oleh seseorang ahli dari perancis tentang misteri tubuh manusia,pikiran-pikirannya merupakan seruan yang benar dan jelas tentang keesaan dan kekuasaan pencipta."
Selanjutnya dia menambahkan:
"Alam ini memiliki aturan-aturan yang rumit dan tidak terepas,sebagai dokter bedah sering kali aku di hadapan pada masalah yang pelik perlu pemikiran dan membingungkan.hal itu menegaskan kepadaku,alam memiliki pencipta yang Esa,maha kuasa yang lain dari pemahaman manusia,maka di balik kebesaran alam dan kerumitan aturannya mesti ada Tuhan yang Esa."

Di tanya tentang perbedaan ALLAH dalam islam dan Tuhan dalam agama Budha,dia menjawab:"Agama bukan menyatakan,Tuhan itu ada sebagai mana adanya unsur,meskipun unsur itu tidak berbentuk material.
Iman menurut Budha di peroleh lewat meditasi dan ilmu ,Sedangkan iman dalam islam sangat jelas dan gamblang dengan logika.budha untuk sampai iman kepada tuhan lewat Arca-arca sementara islam membimbing kita kepada ALLAH melalui akal,kebaikan dan pengertian."

Barang siapa bertanya-tanya,mengapa masuk islamnya orang ini bisa di sebut bertanda ke islaman orang jepang seluruhnya ? jawabanya adalah dr syauqi futaki bukan orang biasa .
meskipun tua umurnya dan sudah kurang tenaga.serentak setelah keislamanya dia bertekad menyebarkan islam ke seluruh jepang dan segera berdakwah untuk islam.
Pada suatu jum'at,maret 1975,dr syauqi futaki di depan 68 orang laki-laki dan perempuan dari segala umur,memasuki mesjid di Tokyo sebelum shalat jum'at,mengenakan selempang putih bertuliskan warna hijau nama"Ikatan Persaudaraan Islam", sebuah nama organisasi yang dia dirikan,mereka semua datang untuk menunaikan shalat jum'at,setelah usai shalat ,masing-masing di beri sertifikat bertuliskan syahadat dan rukun iman dengan tulisan jepang.masjidpun tenggelam di makan lautan muslim jepang.non jepang,sebagian duta besar arab,dan muslimin Tokyo.
Para muslim baru itupun duduk,selanjutnya di jelaskan tentang makna syahadat,pengertian iman kepada Allah.dan mengajarkan pada mereka syahadat,mereka semua mengikutinya,kemudian di sediakan daftar nama-nama Islam dan artinay berbahasa jepang,masing-masing memilih nama yang mereka senangi,orang-orang muslimpun menyambut saudara barunya dengan penuh gembira seraya berucap:Allah Akbar,Allah Akbar.Benar-benar satu hari dari hari-hari Allah di jepang.
Baru pertama kali ini di tokyo menyaksikan masuk islam secara masal dari segala lapisan dan umur,media masa jepang memuat peristiwa ini di halaman depan.
Dr.syauqi futaki berdiri di shaf paling belakang mantap penuh gembira.di akhir pertemuan itu di umumkan tidak sampai 1975 habis,akan masuk islam sejumblah 3.000 orang yang lain.
sejumblah dari mereka akan menunaikan ibadah haji bersamanya tahun itu.

Pertemuan di atas tak lebih dari suatu awal,jum'at 4 april 1975 dr syauqi futaki datang ke mesjid tokyo bersama 200 orang muslim jepang yang lain,mereka telah memeluk islam sebagaimana temanya yang terdahulu.demikian dr syauqi membimbing teman-teman jepang masuk ke dalam agama Allah dengan berbondong-bondong,sehingga jumblah anggota ikatan persaudaraan islam yang di pimpinnya mencapai hampir 20.000 muslim jepang.semua itu terjadi kurang dari satu tahun ,sekrang pembaca sependapat dengan kami,islamnya orang ini merupakan titik perubahan dalam sejarah islam jepang. bahkan berpengaruh dalam sejarah Asia Timur.

Hanya ada satu hal yang mencolok pada sebagian orang-orang yang baru memeluk islam.khususnya bagi mereka tidak secara baik mengusai bahasa arab dan tidak hidup di negara-negara islam.
yang saya maksud adalah masih lekatnya noda-noda jahiliyah pada orang-orang muslim baru tersebut.seperti kita ketahui belakangan ini dr syauqi futaki kurang perhatian terhadap muslim baru dari anggota organisasi islamnya. yaitu dalam masalah mengharamkan daging babi. dan minuman khamar mungkin kekurangan fahamnya atau mungkin juga ia akan melakukan larangan tetapi secara bertahap.semua itu menunjukan besarnya tanggung jawab yang di letakan di pundak para da'i Islam di negara-negara arab dan islam ,karena merupakan kewajibanya memperingatkandr syauqi futaki dalam kesalahan ini sebelum masalahnya membesar dan lebih berat dan tak di bolehkan Allah.
kini telah datang masanya bagi negara-negara islam terutama negara-negara Arab bangkit menyeru kepada islam dengan mengirim para da'i ke seluruh peloksok bumi.juga terbitan-terbitan islam dan para pengajar untuk menyebarkan dakwah islam di bumi.
mudah-mudahan Allah memberikan Taufik dan menunjuki ke jalan yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar