Rabu, 11 April 2012

MUHAMMAD THOHIR (AKTIVIS DAKWAH DARI AMERIKA SERIKAT-USA )

Di belahan barat daya missouri akan anda temukan pegunungan akan menghijau dengan lembah & hamparan tanah pertanian yg luas di sinilah jantung america,di sini pula aku di lahirkan tepatnya sepuluh bulan sebelum pecah perang dunia ke-II.ku habiskan masa kanak-kanakku di tanah pertanian keluarga, di wilayah kansas.
Ayah telah meninggal ketika aku masih bayi, sehingga tanggung jawab mendidik keluarga,tiga anak laki-laki, 1 anak perempuan menjadi tanggung jawab ibu.untungnya,ibuku yang mempunyai andil sejak masa kecilnya dalam membuka tanah indian,memiliki sosok pribadi yang tegar sebagaimana lazimnya seorang pembuka,hal itu sangat membantu dalam menunaikan kewajibanya mendidik kami.
sebetulnya kami tidak di besarkan di suatu gereja hanya ibu mempunyai keyakinan agma yang teguh dan keimanan yang sangat mantap masih segar dri ingatanku,bermalam-malam kami habiskan di depan perapian sambil bergoyang menanyikan lagu-lagu gereja.pendeknya kami mendapatkan pelajaran agama dari ibu yang selalu mengulang-ulang kata:"tidak menjadi keharusan bagimu pergi ke gereja, sehingga menjadi kristen tulen."
di awal kehidupan, aku tumbuh berkembang seorang diri di tanah pertanian yang luas di barat missouri.rumah kakeku adalah tetangga yang paling dekat,kira-kira 2Mil,sehingga aku menjadi pria pribadi yang terisolir.kami hidup dalam rumah besar yang jarang kami tempati setelah di tinggal kakak perempuan dan kakak laki-lakiku.
aku masih ingat, awal mula mengungkap alam yang luas di sekelilingku
sa'at itu umurku kira -kira 5-6 tahun,aku bermain main di sebuh ruangan
yang jarang kami gunakan.tiba-tiba kakiku terantuk pada sebua keterangan gambar, di situ ada peta dunia yang menakjubkan karena berwarna warni, yang membedakan antara satu negara dengan negara lain.aku bulatkan niatku untuk pergi melihat denga mata kepalaku senddiri negara-negara yang ditunjukan peta tsb.aku amati benar benda tersebut,berwarna kemerahan yang melukiskan suatu darah yang di sebut utsmani.
waktupun berlalu ketika aku duduk di kelas 4,sa'at itu kami tinggal di kentucky dan ku baca peta lain tentang kerajaan utsmani.aku sangat tertarik mempelajari geograpi bangsa di lembah dajlah dan efrat sampai aku duduk di kelas 5 ,pada pet itu di depan mataku segalanya mulai tmpak jelas.
Kepsek kami memiliki semangat yang menyala-nyala,di lebih besar kemauanya untuk menelamatkan jiwa kami dari pda pengajar.setiap senin pagi kami di perintah berdiri satu persatu untuk mengulang-ngulang injil yang kami lakuakan di gereja minggu kemarin.aku merasa susah kalau harus menjawab"tidak".kadang-kadang aku berbohong,yang hal itu malah menambah kecemasanku,karena dosa itu aku harus di lemparkan ke neraka.
Pertama kali aku mengenal islam lewat pelajaran sejarah,ketika mempelajri BAB abad pertengahan.kalau tak salah ingat ada sebanyak dua halaman yang membahas tentang NABI MUHAMMAD SAW.dan penyebaran islam.guruku berkata:"kita orang kristen mempercayai ISA sebagai anak tuhan,dan orang islam percaya bahwa MUHAMMAD anak TUHAN?"
Aku bertanya dalam hati,karena aku takut murka ALLAH,meski demikian ku angkat juga tangganku seraya berkata berkata,"kenapa tidak jika ISA anak TUHAN,kenapa MUHAMMAD bukan anak tuhan juga!"kami tetap mengikuti pelajaran sejarah,sisa wktu kami pakai untuk membahas.
feudalisme.di eropa.yang jels setelah brkecamuk dalam diriku timbul perhatian terhadap islam,aku ingin mengerti lebih banyak tentang orang ini (MUHAMMAD)yang mengaku sebagai anak TUHAN juga(menurut keterangan guru sejarah).
karena terbatasnya literatur yang ada di sekolah kami,sehinggga tidak bisa membantuseperti yang aku harapakan.kendati begitu,aku cepat bisa menyingkap tentang orang islam.
berlainan dengan guru sejarahku di kelas 5,orang-orang islam percaya,MUHAMMAD dan ISA itu bukan anak tuhan melainkan ke duanya merupakan utusan tuhan yang salih-salih.
hal semacam ini jauh lebih logis untuk anak berumur 12 tahun.daripada pembicaraan ramai mereka yang mendebatkan mana diantara keduanya yang benar-benar anak tuhan !di hari sabtu selagi aku berkeliling pasar bersama ibu ,mataku bertumbuk pada buku saku.berjudul mohammadanism karangan sejarahwan besar berkebangsaan inggris jade,ku beli buku itu dan ku baca berkali-kali.
di dalam buku itu penulis mencantumkan beberapa ayat AL-QURAN yang aku hafal dengan bahasa inggris hingga kini, yaitu:


Dan bila hamba-hamba-ku bertanya kepadamu tentang aku,maka(jawablah),bahwasannya aku adalah dekat.Aku mengabulkan permohonan orang yang mendo'a apabila dia berdo'a kepada-ku,maka hendaklah meraka itu memenuhi(segala perintah)ku dan hendaklah mereka beriman kepadaku-ku,agar mereka selalu berada dalam kebenaran(Al-Baqarah:186)


Bermalam-malam duduk seorang diri di depan jendela kamarku merenungkan langit bertaburkan bintang.ku ulangi ayat ini berkali-kali di suatu malam aku merasa ,aku telah menjadi muslim ! ketika itu umurku sekitar 13 atau 14 tahun dan akupun belum pernah bertemu dengan seorang muslim aku telah pasrahkan diriku pada sang khaliq:


Apa bila telah datang prtolongan ALLAH dan kemenangan.dan engkau melihat manusia memasuki agama ALLAH dengan berbondong-bondong maka bertasbihlah dengan manhaj Tuhanmu dan mohon lah ampunan kepada-Nya dia maha penerima taubat(An-Nasr:1-3)



Dengan ayat ini muhammad thohir mengakhiri pembicaraanya,nama di atas adalah nama yang di pilih setelah masuk islam.setelah itu dia pergi ker kwait untuk mengetahui lebih banyak tentang agama barunya.di sana dia menjadi muridseorang DAI terkenal di salah satu masjid kwait.
2 tahun kemudian di kembali ke amerikaserikat selanjtnya mendirikan organisasi ISLAM"Islamic opportunities unlimited"di washigton DC yang membela islam dan dakwahnya serta menerbitkan berkala islamic items yang menjelaskan tentang persoalan-persoalan islam,membelanya dan menyanggah tulisan yahudi di surat kabar amerika.karenanya banyak mendapatkan kesulitan dan ancaman. semua aktivits itu dia biyayai sendiri, bekerja sama dengan sekelompok pembuda sebayanya,dan mengajak non-muslim untuk memeluk ISLAM.
islamic opportunities unlimited di dirikan pada desember 1970,bertujuan mendakwahkan islam.

Islam oppartunites unlimited di dirikan pada desember 1070.bertujuan mendakwahkan islam kepada bangsa amerika, khususnya kaum muda dengan bahasa yang yang mereka pahami.berikut ini aktivitasnya:
1.Menyelenggarakan siaran mingguan selama 15 menit yang di pancarkan dari cesel,washington,selanjutnya di pancarulang oleh 4 studio dengan tema "islam dan perhatianya terhadap Amerika masa kini"
2.Mendirikan seksi tamu islam di berbagai perkumpulan pemuda di amerika serkat.
3.Membagi-bagikan berbagai artikel dan brosur tentang islam yang berkaitan dengan pemuda organisasi ini telah
membagikan 50.000 brosur tentang islam
4.menyelenggarakan ceramah yang membahas tentang islam yang di tujukan kepada para pemuda (pendeta),gereja tempat-tempat perkuliahan, serikat buruh dan organisasi pemuda.
Jumblah organisasi yang semula hanya seoprang kini sudah mencapai 200 anggota.

NAMA & ALAMAT:
Mr Muhammad Thohir,
Excecutif Director.Islamic opportunities Unlimited
1000 connecticut AVENue N>W>Washington D>C.20036 USA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar